Kumpulan Tanda Tanya


Assalammu'alaikum sahabat,


Sering pernah dengan kalimat ini :

Hindari menjadi orang yang banyak bertanya!
"Apa saya bisa melakukannya ya ?"
"Apa saya pantas untuk dia?"
"Kenapa saya harus dilahirkan seperti ini?"
"Apa saya harus melakukan hal itu?"
"Apa saya sanggup?"

Dan pertanyaan lainnya... Tentulah kita pernah mendengar minimal salah satu dari pertanyaan di atas, bahkan mungkin kita sering mengatakannya walaupun dengan redaksi yang berbeda. Ataupun kita mengatakannya dengan tidak sadar hanya karena beberapa masalah kecil dari hidup kita.

Sahabat, begitu banyak pertanyaan yang muncul bahkan sebelum kita dilahirkan, ibu kita sering bertanya kepada dirinya sendiri :
"Apa anakku bisa menjadi anak yang sholeh atau nggak ya?"

Di sini menjadi jelas.. Hidup adalah kumpulan dari tanda tanya yang sangat banyak serta sudah tidak terhitung berapa pertanyaan yang mendarat pada panca indera kita. Tapi hanya sedikit dari jutaan pertanyaan tersebut yang mempu kita jawab karena pertanyaan lainnya sudah bermunculan di hadapan kita.

Sahabat, kita tidak pernah sadar dengan terlalu banyak bertanya maka sesungguhnya kita sedang menjerumuskan diri kita pada sesuatu yang lebih menyusahkan kita di akhirnya seperti Orang-orang Yahudi (Bani Isroil) yang ketika Nabiyulloh Musa A.S memberikan perintah yang sangat mudah, mereka malah banyak bertanya sehingga perintah tersebut bekembang menjadi sangat susah. Dan tentu kita tidak mau menjadi orang seperti itu.

Maka sahabat, kali ini marilah kita coba tepis berjuta pertanyaan yang menggelayuti jiwa kita. Marilah kita coba BERAKSI dengan melakukan yang TERBAIK tanpa TERBEBANI oleh TANDA TANYA yang menggantung dalam BENAK JIWA orang yang LEMAH.

Dan yakinlah firman Alloh :

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلا عَلَى الْخَاشِعِينَالَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (Q.S.  Al-Baqoroh ayat 45-46)

BANGKITLAH SAHABAT DAN JADILAH ORANG YANG KHUSYU' BUKAN MENJADI ORANG YANG BANYAK BERTANYA